Romahurmuziy: Program Bela Negara Patut Kita Dukung Bersama

PPP.OR.ID-Jakarta – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy menilai bela negara itu adalah keharusan dalam menjaga ketahanan negara Indonesia, ditengah-tengah krisis ekonomi yang melemah.

“Jumlah alutsista untuk minimum extension for saja belum mencukupi, sampe APBN 2016 yang baru disahkan kemarin belum tercukupi, apalagi kita bicara optimal extension fors,” ujar Romahurmuziy saat ditemui, Senin (2/11).

Menurut Romy, doktrin bela negara berasal dari pertahanan dan ketahanan sehingga setiap warga negara yang memiliki kualifikasi memadai sebaiknya diikutiak kedalam program tersebut.

“Dan cikal-bakal bela negara ini kan sebenarnya bukan tiba-tiba, kita sudah memiliki sejumlah komponen cadangan yang dua kali lipat dari jumlah TNI yang ada sekarang,” tandasnya.

Komponern cadangan Tentara Nasional Indonesia menambah dua kali lipat, karena kata Romy, yang mengikuti bela negara ada yang dari resimen mahasiswa, satuan pengaman (Satpam), pasukan siskamling, Satpol PP dan lain sebagainya.

“Dan Ormas-ormas yang mendedikasikan untuk itu (bela negara,-red), sehingga ini bukanlah hal yang tiba-tiba,”

Ia mencontohkan bela negara ini juga dilakukan oleh negara-negara lain seperti Singapura. Menurutnya, Singapura sangat bagus karena mewajibkan anak-anak yang pasca kuliah untuk mengikuti bela negara.

“Indonesia ini kan persoalan kedisiplinana warga, salah satu hal yang menjadi persoalan sampai saat ini. Karena itu bela negara ini saya kira program yang patut kita dukung bersama,” ungkapnya.

(kutip : ppp )

Bagikan ;