PPP DKI Serius Jaring Caleg Berkualitas

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DKI Jakarta, Abdul Azis, mengungkapkan keseriusannya menjaring para calon legislatif (caleg) berkualitas untuk pemilu 2019. Terlebih, berdasarkan jadwal sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), tahapan pemilu mulai dilaksanakan tahun 2017 ini. Diawali dengan verifikasi parpol September 2017, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan caleg pada Maret 2018.

“Artinya waktu yang kami miliki untuk menyusun caleg tinggal sembilan bulan lagi. Sehingga saat ini PPP sudah mulai melaksanakan penjaringan bakal caleg,” ujar Azis, usai memimpin rapat koordinasi bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPW PPP DKI Jakarta, di Wisma Haji, Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Minggu (21/5).

Azis menegaskan, partainya tidak menginginkan adanya caleg karbitan, yakni caleg yang muncul di saat-saat terakhir. Karena caleg seperti itu tidak akan bisa mengenali daerah pemilihan (dapil)nya dengan baik. Caleg karbitan juga bakal kesulitan berinteraksi dengan masyarakat di dapilnya, serta berpotensi tidak mampu menyatu dengan program internal partai. “Berangkat dari kekhawatiran itu, PPP DKI melakukan penjaringan sejak dini, agar calegnya nanti merupakan caleg-caleg pilihan,” tutur Azis.

Lebih lanjut Azis mengungkapkan, penjaringan bakal caleg dan rapat OKK yang dilaksanakannya ini, bakal menjadi bahan laporan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, saat digelarnya Rapimnas pada 23 Mei di Jakarta. “Selain itu, penyusunan struktur partai mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, serta RW juga bakal menjadi program prioritas, yang akan disampaikan ke pusat,” katanya.

Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi PPP DKI Jakarta, Siswanto, menambahkan menghadapi Pemilu 2019 PPP DKI Jakarta mengadakan konsolidasi pengurus DPW dan DPC dalam Rapat Koordinasi Wilayah OKK PPP DKI Jakarta.

“Rakorwil ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan pengurus PPP di Jakarta pasca pilkada sekaligus mempersiapkan mesin partai menghadapi Pemilu 2019,” ungkap Siswanto.

Siswanto menegaskan bahwa dinamika internal PPP selama 2 tahun belakangan termasuk hingar bingar Pilkada DKI memunculkan optimisme bahwa PPP mampu mempertahankan suara bahkan melampaui perolehan 2014.

“Tinggal kesolidan dan kerja keras struktural serta elemen pemenangan partai bekerja maksimal untuk bergerak bersama rakyat dalam membangun kesejahteraan bagi semua warga Jakarta” ujar Sis, panggilan akrabnya.

Sementara itu Wakil Sekretaris DPW PPP DKI Jakarta, Wahyudin menambahkn bahwa upaya PPP untuk kembali merebut kembali basis-basis suara terus dilakukan dengan pembentukan dan konsolidasi infrastruktur partai hingga tingkat RW.

“Dinamika yang terjadi selama Pilkada Jakarta khususnya di Putaran Kedua alhamdulillah bisa disikapi dengan bijak dan dewasa sehingga PPP bisa segera bangkit dan terus berkhidmat untuk Ummat,” tandasnya. (kutip ; indopos )