OK OCE Trip Softlaunching, Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebentar lagi masyarakat Jakarta bisa menikmati salah satu program yang sudah dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama wakilnya sejak masa kampanye.

OK OCE Trip merupakan salah satu program yang bertujuan untuk memudahkan dan memurahkan transportasi umum dengan mengintegrasikan antara Transjakarta dengan Angkot.

Anies menyebutkan bahwa ada tiga hal yang akan diintegrasikan yakni rute dan layanan, manajemen dan juga pembayaran.

foto ; wartaKota

Anda bagi masyarakat Jakarta yang akan menggunakan transportasi umum dapat menggunakan berbagai angkutan umum tersebut dalam trayek yang terintegrasi sistem Transjakarta dengan hanya membayar Rp 5.000 dalam durasi tiga jam mulai dari tap in pertama hingga tap in terakhir.

Jadi Anda bisa menggunakan angkutan transportasi umum dimana saja dan transit dimana saja dengan durasi tiga jam dengan satu harga saja.

Misalnya dari depan rumah, Anda dapat tap in pada angkot yang Anda gunakan menuju Transjakarta dan menaiki bus Transjakarta hanya akan dikenai biaya Rp 5 ribu saja.

Pada pertama kali tap in di angkot Anda hanya akan dipotong Rp 3.000 saja, selanjutnya apabila Anda melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta, Anda hanya dipotong Rp 2.000 saja.

Sedangkan apabila Anda menaiki moda angkutan umum jurusan lainnya lagi dalam durasi tiga jam tersebut, saldo Anda sudah tidak dipotong kembali.

Mulai tanggal 22 Desember kartu OK OCE Trip akan mulai diberlakukan di seluruh halte Transjakarta sedangkan untuk keseluruhan integrasi akan diuji coba mulai tanggal 15 Januari 2018 selama tiga bulan.

15 Januari 2018 layanan akan dimulai dengan mengintegrasikan empat trayek bus kecila atau Angkot di wialyah Warakas, Jelambar, Duren Sawit dan Lebak Bulus.

Dalam proses uji coba ini ada harga khusus yang diberikan oleh penumpang yakni hanya maksimal Rp 3.500 dimana semestinya adalah Rp 5 ribu.

“Kita memilih tempat-tempat yang belum terlayani oleh angkutan umum,” ujar Anies pada saat pembukaan softlaunching OK OCETrip, (14/12/2017). ( kutip : wartaKota)