Anda di >
Beranda > Uswah > KH. Maulana Kamal Yusuf

KH. Maulana Kamal Yusuf

KH. Maulana Kamal Yusuf adalh seorang ulama Betawi terkemuka saat ini. lahir di Jakarta pada 20 April 1949. ayahnya adalah seorang muallim Betawi terkemuka, yaitu Muallim Ahmad Thabrani bin Haji Sainal yang dikenal dengan nama Muallim Thabrani Paseban

Pada masa mudanya, Rois Syuriah. Pimpinan wilayah NU DKI Jakarta ini pernah menjadi santri dari Syekh KH. Muhadjirin Amsar Ad-Darry, seorang ulama Betawi ahli Falak, pendiri dan pimpinan daro pondok pesantren An-Nida Al-Islam, Bekasi. selain itu ia juga mengaji di Pondok Pesantern Gontor Jawa Timur. Ia juga mengaji kepada seorang muallim Betawi terkemuka yang dijuluki mufti Betawi. Ia sosok ulama yang tidak pernah berhenti belajar dan tidak gengsian.

Selain sibuk menjadi Rais Syuriah PW NU DKI Jakarta, ia juga mengasuh pengajian di Masjid Jami An-Nur, Paseban. Embrio pengajian ini telah lahir sejak tahun 1930an. Awalnya dirintis oleh Muallim Thabrani Paseban. Menurut KH Yusuf Aman, pada era ini, paseban pernah berjaya menjadi pusat pendidikan Islam di Jakarta. Setelah Muallim Thabbrani Paseban Wafat, KH Maulana Kamal Yusuf Kemudian meneruskan pengajian tersebut sejak akhir tahun 1970an. Pulhan kitab peninggalan para ulama terdahulu dikaji di majelis ini.

Nama : KH. Maulana Kamal Yusuf
Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 20-04-1949
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan Terakhir : Mubaligh, Ulama
Alamat : Jl Paseban Timur XIII, Tt. 011 Rw 003, Kelurahan Paseban, Senen, Jakarta Pusat

sumber ; jakarta.go.id

Top
%d blogger menyukai ini: