Gandeng MUI, Sandiaga Cari 2 Destinasi untuk Dijadikan Wisata Halal

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan segera meresmikan wisata halal di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan realisasi wisata halal tersebut akan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Jadi itu kemarin (MUI) sudah di-propose dan hari ini mereka datang. Bersama dengan Dinas Pariwisata dan Budaya, kita akan mencoba mengidentifikasi satu sampai dua destinasi yang bisa kita sertifikasi sebagai halal destination,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2018).

Sandiaga mengatakan wisata halal tersbut akan mengarah pada wisata kuliner di Jakarta. Menurutnya, ada kaidah-kaidah syariah yang dikedepankan dalam menentukan destinasi wisata halal di Jakarta.

“Kalau misalnya satu destinasi di-destined, atau ditunjuk menjadi destinasi halal, semuanya harus mengkaji kepada kaidah-kaidah syariah dan halal dari MUI. Tadi yang disampaikan seperti itu,” terangnya.

Sandiaga mengatakan belum dapat membeberkan lokas wisata halal di Jakarta. Dia mengatakan masih melakukan koordinasi dan kajian dengan MUI.

“Yang lagi diusulkan ada beberapa tempat. Tapi belum bisa dipastikan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya. Kalau sektornya mungkin yang paling dekat adalah kuliner dan juga berkaitan dengan mungkin busana, atau garmen, atau fashion,” paparnya. ( kutip : detik.com )