You are here
Home > Jakarta Kita > Asal Efektif, DPRD Siap Tambah Dana Hibah Pemprov

Asal Efektif, DPRD Siap Tambah Dana Hibah Pemprov

Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan dana hibah untuk sejumlah institusi. Yang terbaru, pemprov memberikan hibah sebesar Rp 30 miliar kepada Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Kostrad).

Dalam pandangan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, hibah yang berasal dari dana APBD itu wajar dikeluarkan. Apalagi untuk mendukung kinerja pemprov, terutama yang berkaitan dengan pemerintah pusat.

“‎Saya rasa efektif, malah kita mau tambah. Contohnya pembersihan kali Ciliwung, itu nggak semua terjangkau oleh pemprov dan ada wewenang institusi pusat,” kata Prasetio saat dihubungi, Minggu (26/7).

Pras mencontohkan, proses revitalisasi kali Ciliwung yang melibatkan Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Karena itu, perlu koordinasi kedua daerah. Peran institusi terkait berkaitan dengan keamanan saat penggusuran pemukiman kumuh di bantaran kali. “Sekali lagi, sulit kalau nggak ada bantuan buat seperti ABRI masuk desa, kepolisian dan lainnya. Itu demi keamanan Jakarta,” jelas politikus PDI Perjuangan tersebut.

Mengenai tambahan dana hibah, Pras belum bisa menyebutkannya. Sebab, ada mekanisme yang harus dilewati. “Kita lihat kepentingannya, kalau memang masuk akal kita bantu,” kata Pras.

Dari data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta, pada tahun ini pemprov sudah mengeluarkan dana bantuan kepada delapan institusi. Yakni, tujuh institusi militer dan satu institusi kepolisian.

Institusi militer dan kepolisian yang sudah mendapat dana hibah dari pemprov, yakni Mabes TNI dengan besaran Rp 15,2 miliar, Mabes TNI AD Rp 3,2 miliar, Kodam Jaya Rp 38,6 miliar, Kopassus Rp 750 Juta, Koarmabar TNI AL Rp 5,9 miliar, Koops TNI AU Rp 4,8 miliar, dan Brimob Polda Metro Jaya Rp 3,1 miliar. Terakhir, pemprov menyerahkan dana hibah ke Kostrad sebesar Rp 30 miliar pada Jumat (24/7) lalu (kutip : jawapos )

Top